TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag. ID - digilib47958 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47958/ A1 - Yuyun Hanifah, NIM.: 17204020005 Y1 - 2019/12/30/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran bahasa Arab yang terdapat di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto khusunya di komplek bahasa Asing yang diberi nama An Najah Arabic Javanese English Comunity (AArJEC). Dalam pembelajaran tersebut peserta didik terlihat senang dalam melaksanakan pembelajaran, hal ini disebabkan oleh adanya kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah bernyanyi-nyanyi dengan nyanyian khas dari komunitas tersebut sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu, terdapat berbagai macam model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam memahami bahasa Arab dengan baik dan benar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengamati proses pembelajaran yang terdapat di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto, kemudian menganalis berdasarkan teori. Subyek dalam penelitian ini adalah pengajar bahasa Arab dan santri-santri pesantren mahasiswa An Najah purwokerto. Teknik pengumpulan datanya yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran maharah al istim?? di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto yang digunakan adalah model niteni dan model menterjemah, sedangkan model pembelajaran maharah al-kalam di pesantren mahasiswa An Najah Purwokerto adalah model percakapan bebas dan model-model aktivitas-aktivitas berbahasa khitobah, teater dan forum berbahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - model niteni; menterjemah; model percakapan bebas ; khitobah KW - Forum Berbahasa Arab. M1 - masters TI - MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA? DAN MAHARAH AL-KALAM DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO AV - restricted EP - 152 ER -