relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47960/ title: EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG creator: Ainy Faizah, NIM.: 17204020008 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Latar belakang penelitian ini adalah perencanaan program pembelajaran yang baik akan menghasilkan output yang baik pula, tetapi masih dijumpai beberapa persoalan yang terjadi di lapangan sehingga kesesuaian antara perencanaan program pembelajaran yang telah disusun dengan pelaksanaannya, kesesuaiannya masih dipertanyakan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang berdasarkan model Countenance Stake meliputi kualitas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran bahasa Arab. Penelitian evaluasi ini menggunakan model Countenance Stake yang meliputi Antecedents, Transaction, dan Outputs, dengan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang dengan 4 guru pengajar bahasa Arab dan sampel 60 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian sudah divalidasi. Instrumen observasi dan angket tersebut juga sudah diestimasi kereliabilitasannya. Setelah melakukan analisis, maka instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pada tahap Antecedents, Transaction, dan Outcomes menunjukkan hasil yang diharapkan yaitu, (1) tahap Antecedents, yaitu kejadian yang terjadi sebelum pembelajaran berlangsung seperti fasilitas dan program bahasa di asrama cukup membantu siswa-siswi dalam menerima pembelajaran di kelas dan pada perencanaan program pembelajaran dinyatakan berkualitas (2) tahap Transaction, yaitu berup observasi dan pengamatan langsung pada saat pembelajaran bahasa Arab, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dinyatakan berkualitas dengan pertimbangan, (3) tahap Outcomes, yaitu hasil ujian akhir semester siswa pelajaran bahasa Arab masuk dalam kategori sangat baik, dengan melihat bahwa sebagian besar siswa telah memenuhi KKM pada ujian mata pelajaran bahasa Arab. date: 2019-12-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47960/1/17204020008_BAB-I_IV-atau-V_%20DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47960/2/17204020008_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Ainy Faizah, NIM.: 17204020008 (2019) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.