%0 Thesis %9 Masters %A Dinni Masyitoh, NIM.: 17204020017 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:47964 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K bahan ajar; Maharah al Kalam; integratif; buku teks %P 228 %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS MAHARAH AL KALAM DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK SISWA KELAS X MA DI ASRAMA HALIMATUS SA’DIYYAH MADRASAH MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47964/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konseptualisasi pengembangan bahan ajar buku teks bahasa Arab Mahārah al Kalam dengan pendekatan integratif untuk siswa kelas X, menyusun desain pengembangan bahan ajar buku teks bahasa Arab, mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar buku teks, dan mengetahui seberapa efektif bahan ajar untuk siswa kelas X asrama Halimatus Sa‟diyyah di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah produk buku bahan ajar yang berjudul “Al Arabiyah At Takamuliyyah”. Bahan ajar buku teks ini terdiri dari: (1) sampul, (2) kata pengantar, (3) petunjuk penggunaan buku, (4) silabus pembelajaran, (5) standar kompetensi, (6) sampul per bab, (7) materi pokok yang terdiri dari kosa kata, teks mutholaah, teks percakapan, latihan, kaidah bahasa, latihan, dan mahfudzat, (8) lembar catatan siswa, (9) biodata penulis, dan (10) daftar pustaka. Hasil uji coba kelayakan produk didapatkan dari skor ahli materi yang meliputi aspek isi/materi dan aspek pembelajaran. Ahli materi menuai skor penilaian rata-rata 4,5 dengan kategori “Baik”, sedangkan pada aspek pembelajaran, ahli materi menuai hasil skor rata-rata 4,8 dengan kategori “Sangat Baik”. Adapun penilaian dari ahli desain meliputi aspek tampilan dan aspek penyajian. Pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 4,12 dengan kategori “Baik” dan pada aspek penyajian menghasilkan skor 4,5 dengan kategori “ Baik” Hasil akhir kelayakan produk adalah dengan uji coba. Hasil uji coba I (skala kecil) dengan hasil nilai hitung t adalah -12,211 yang artinya jatuh pada daerah penerimaan ha, sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak. Artinya penggunaan bahan ajar untuk siswa kelas X Asrama Halimatus Sa‟diyyah di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta adalah efektif. Sedangkan hasil uji coba II (skala besar) dengan hasil bahwa nilai hitung t adalah -12,300 yang artinya jatuh pada daerah penerimaan ha, sehingga ha diterima, dan ho ditolak. Artinya penggunaan bahan ajar untuk siswa kelas X Asrama Halimatus Sa‟diyyah di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta adalah efektif. %Z Pembimbing : Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.