TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Sukamta, MA. ID - digilib47966 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47966/ A1 - Muhammad Hasbi, NIM.: 17204021001 Y1 - 2020/01/13/ N2 - Banyaknya program tahfiz hingga menjadi tren, khususnya di lembaga-lembaga pendidikan al-Qur`an di Yogyakarta, merupakan satu potensi untuk memperkenalkan bahasa Arab dengan memunculkan inovasi bahan ajar bahasa Arab khusus bagi para penghafal al-Qur`an, salah satu di antaranya adalah lembaga PPTQ Harun Asy-Syafi?i. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lembaga tersebut dalam menyajikan bahan ajar bahasa Arab bagi para santri program Tahfiz Murni melalui upaya perumusan konsep dan desain bahan ajar bahasa Arab berbasis al-Qur`an, lalu memvalidasi dan mengujicobakannya untuk mengukur kelayakan dan efektivitas produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Research & Development (R&D) model Sugiyono yang telah diadaptasi, yaitu dengan 10 langkah: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi dan studi literatur, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan pembuatan produk masal. Hasil penelitian ini mengantarkan pada kesimpulan: Pertama, konsep bahan ajar bahasa arab berbasis al-Qur`a>n di sini berupa buku ajar bahasa Arab yang tercakup di dalamnya panduan guru, tugas rumah, dan kamus, yang disusun secara sistematis dan terdiri dari pengetahuan fakta, konsep, prosedur dan prinsip dengan basis materi yang bersumber dari bahasa al-Qur`an. Kedua, desain pengembangan bahan ajar ini menghasilkan produk yang berjudul ? ? ???? ? ???? ?? ???????? ? ???? :? ??????? ?? ?, dengan spesifikasi materi ajar yang terdiri dari kosakata al-Qur`an dan cara pengucapannya, pola ungkapan al-Qur`an, kaidah praktis bahasa Arab untuk menganalisis ayat al-Qur`an, serta balagah al-Qur`an, yang kemudian dikembangkan dalam bahasa Arab fusha sehari-hari dengan penguasaan empat maharah (maharah al-istima?, al-kalam, al-qira`ah dan alkitabah). Ketiga, hasil validasi produk oleh validator ahli materi memperoleh skor dengan rerata 5 (sangat baik), sedang dari ahli desain memperoleh skor dengan rerata 4 (baik). Kemudian, setelah dilakukan uji coba, diperoleh hasil sebagai berikut: total rerata skor nilai bahan ajar berdasarkan skor hasil umpan balik peserta didik dari aspek materi, desain, peningkatan minat terhadap bahasa Arab dan al-Qur`an, serta kejelasan penyampaian materi adalah 4.1 (sangat baik) atau berdasarkan total nilai efektivitas 83% dari kriteria yang diharapkan. Adapun berdasarkan hasil post test, rerata nilai test adalah 74 (baik). Tampak terjadi peningkatan yang signifikan bila dibandingkan dengan hasil pre-test sebelumnya dengan rerata nilai test 36 (Sangat Kurang). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - bahan ajar; R&D; tahfiz; Balagah Al-Qur`an; maharah al-istima' M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR`AN UNTUK PARA SANTRI PROGRAM TAHFIZ MURNI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN HARUN ASYSYAFI?I KARANGKAJEN MERGANGSAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 532 ER -