%0 Thesis %9 Masters %A Misbahu Rochmat, NIM.: 17204021009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:47970 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K drill; diskusi; Penelitian Tindakan Kelas (PTK); pre-test; post-test %P 204 %T IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DISKUSI DAN DRILL (D3) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47970/ %X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan sekolah unggulan di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 5 Agustus 1953 yang menerapakan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini disusun untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Arab pada siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat interaksi antara guru dan siswa berlangsung secara terarah untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas dalam pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Dalam penelitian ini menerapkan metode demonstrasi, diskusi, dan drill untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas XI MIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan, dengan metode Kurt Lewin yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat menjawab permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini. Atas dasar peningkatan ini akhirnya penelitian diselesaikan pada siklus II. Bukti hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan dalam pembelajara bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu:1) Implementasi metode demonstrasi, diskusi, dan drill dengan empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting),pengamatan (observing), refleksi (reflecting). 2)Peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab pada materi مُحَمدٌَّ رُّسّوْلّ الل ه dapat dilihat pada hasil post-test nilai rata-rata siswa mencapai 83,6 pada siklus I dan 87,6 pada siklus II dan terjadi peningkatan berbicara bahasa Arab sebesar 4,0. %Z Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd.