@mastersthesis{digilib47974, month = {December}, title = {ANALISIS TINGKAT STRES SISWA TAHFIDZ AL-QUR?AN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16204080001 Dwi Nurlatifah, S.Pd.I}, year = {2019}, note = {Pembimbing : Dr. H. Suyadi, M.A.}, keywords = {hafalan Al-Qur?an; tahsin; tahfidz; keyakinan diri; Al-Quran recitation}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47974/}, abstract = {Pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur?an merupakan program unggulan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan target lulusan hafal 6 juz. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkat stres yang dialami siswa, faktor yang mempengaruhi stres siswa dan mengetahui coping stresnya. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain Sequential Explanatory. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat stres dengan analisis ststistik deskriptif. Pada pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data; reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian mengambil kesimpulan secara keseluruhan Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tingkat stres siswa Tahfidz Al-Qur?an di kelas 4 MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menunjukan dari 18 siswa, 1 siswa dalam kategori tingkat stres akademik tinggi, 14 (78\%) siswa berada dalam kategori tingkat stres akademik sedang, dan 4 (22\%) siswa berada dalam kategori tingkat stres akademik rendah. (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat stres siswa tahfidz Al-Qur?an di kelas 4 MI Nurul Ummah Kotagede meliputi; pesimis dan keyakinan yang rendah pada diri siswa, kurangnya peranan orang tua dan pembelajaran yang monoton. (3) Upaya coping stres siswa tahfidz Al-Qur?an yaitu menghindari stresor yang bersifat sementara, kemudian siswa mengatasi stres dengan mencari bantuan atau dukungan sosial, dan menyelesaikan problem stressor.} }