%0 Thesis %9 Skripsi %A Iis Setyaningsih, NIM.02421313 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2006 %F digilib:48000 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Peningkatan, Kualitas Layanan, Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah %P 109 %T UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWODADI -- GROBOGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48000/ %X Penyusunan skripsi ini berkenaan dengan upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab serta hasil yang dicapai berkaitan dengan upaya-upaya yang telah dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan. Penelitian ini menarik untuk dilakukan bermula dari keresahan penulis sebagai alumni jurusan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan, yang pada empat tahun lalu penulis merasakan bahwa layanan sekolah dalam pembelajaran Bahasa Arab masih sangat kurang untuk meningkatkan kualitas output siswa jurusan bahasa. Bermula dari sinilah, maka penulis ingin mengetahui sejauh mana perkembangan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Grobogan, terutama untuk pembelajaran Bahasa Arab, dan upaya yang pada akhimya mengacu kepada upaya-upaya apa sajakah yang telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab dan bagaimana hasil yang dicapai. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah diskriptik analitik non statistik, dalam pengumpulan data penulis mengadakan observasi, wawancara. Dokumentasi, serta angket. Adapun data yang diperoleh bersumber dari kepala sekolah, wakamad bidang kurikulum, guru Bahasa Arab, dan siswa. Selain itu juga dari data yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Berdasarkan penelitian, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan, Yaitu: pertama, bahwasanya dalam upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab memerlukan komponen-komponen yang sangat berkaitan erat, yaitu guru yang kompeten dan profesio11al, pengembangan dan binaan kurikulum, serta fasifitas sumber belajar dan lingkungan belajar yang mendukung. Kedua, Basil yang dicapai oleh Madrasah Aflyah Negeri Purwodadi - Grobogan sehubungan dengan ketiga komponen diatas adalah telah cukup memuaskan juntuk standar peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab. %Z Pembimb8ng :. H. Muallif Syahlany