@phdthesis{digilib48004, title = {PERAN GURU DALAM MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA USIA ANAK PRASEKOLAH DI PRA TK TERPADU BUDI MULIA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 02471341 Dian Janah}, year = {2006}, note = {Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto,}, keywords = {Peran Guru, mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan Islam usia anak prasekolah, Pra TK Terpadu , Budi Mulia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48004/}, abstract = {Dian lanah, Peran Guru dalam Mensosialisasikan Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Anak Usia Pra sekolah di Pra TK terpadu Budi Mulia Dua Yogyakarta" Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Peran Guru dalam Mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada Anak usia Pra sekolah di Pra TK Terpadu Budi Mulia Dua Yoggyakarta.,selain itu skripsi inr juga bertujuan untuk mengetahui metode, materi, nilai-nilai pendidikan Islam yang di sosiaiisasikan di Pra TK Terpadu Budi Mulia Dua yogyakarta Hasil yang dicapai guru,faktcr pendukung dan penghambat guru dalam mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia prasekolah di Pra TK Terpadu Budi Mulia Dua Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah guru PraTK Terpadu Budi Mulia Dua. Yogyakarta sebanyak 6 guru dan lima orang tua siswa dari 19 orang tua siswa Pra TK Terpadu Budi Mulia Dua. Pengambilan sampel dilakukan secara purposi.ze sample.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara (wawancara tertulis dan tidak tertulis),Analisis data dilakukan dengan analisis dan orang tua murid Pra TK Terpadu Budi Mulia Dua Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (l)Peran guru pra TK Terpadu Budi Mulia adalah sebagai berikut: Guru sebagar Keteladanan( Ing Ngarsa sung Tulada), Guru sebagai fasilitator( Ing madya mangun karsa),Guru sebagai motivator \&, guru sebagai pengarah atau pembimbing( Tut wuri Handayani), (2) Metode yang digunakan dalam mensosialisasikan nilainilai pendidikan Islam Metode keteladanana, metode pembiasaan, metode pemberian tugas, metode cerita ,metode audio Visual,metode drarnatisasi.(3)Materi yang disosia.lisasikan di Pra Tk adalah: dasar-dasar agama Islam, kognitif numerical, kognitif verbal, perkembangan motorik, ketrampilan.(a) Nilai-nilai pendidikan Islam yang disosialisasikan di Pra Tk adalah: nilai dasar-dasar sikap, dasar-dasar lbaclah, pergenalan Allah, pengenalan rosuln. Pengenalan nama-nama malaikat.(S) Hasil dari peran guru dalam mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan Islam Ci Fra TK bahwa sebagian besar peran guru dalam mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan Islam sudah berhasil walaupun belum seratus persen karena bagaimanapun pendidikan anak sebagian besalditentukan oleh pendidikan yarrrg diajarkan orang tuanya.(6) faktor penghambat :Pola asuh orang tuaya.tgtidak sink?on dengan 'pendidikan di sekolah, minat A{\ensuremath{<}}egemaran anak.sedangkan fajktor pendukungnya: lingkungan yang agamis,sarana \& prasarana yang memadai.} }