eprintid: 48018 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/80/18 datestamp: 2021-12-27 07:58:31 lastmod: 2021-12-27 07:58:31 status_changed: 2021-12-27 07:58:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Joko Supriyantoro, NIM. 03430041 title: UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Matematika, Aktifitas, Problem Posing note: Pembimbing : Drs Sugiyono, M. Pd abstract: Proses pembelajaran matematika pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Akibatnya siswa kurang aktif, kurang kreatif dan malas berfikir sehingga menyebabkan nilai-nilai yang diperoleh kurang dari 5. Guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran yang belum pernah dicobakan khususnya di MTs Negeri Piyungan Kabupaten Bantul yaitu problem posing I membuat soal. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut: pertama, guru menjelaskan konsep secara klasikal kemudian siswa membuat soal baik dari pernyataan maupun pengembangan dari soal yang diberikan. Kedua, pada siklus pertama siswa membuat soal dan menjawab soal secara individu, siklus kedua siswa membuat soal kemudian dijawab secara silang dengan teman sebangku dan siklus ketiga siswa membuat soal secara berkelompok lalu dijawab secara silang antar kelompok. Setelah tiga siklus dilaksanakan terdapat peningkatan aktivitas belajar sebesar 23,3 % yaitu: dari 10 % menjadi 33,3 % , nilai rata-rata pada siklus I adalah 5,07 ; siklus II naik menjadi 5,13 dan siklus III menjadi 5,73. Disamping itu problem posing dapat melatih siswa untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. date: 2006 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Joko Supriyantoro, NIM. 03430041 (2006) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PDA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48018/1/03430041_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48018/2/03430041_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf