%A NIM. 014109300 Santi Marlina %O Pembimbing : Drs. Sarjono M.Si %T UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK YANG BERBEDA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI SD NEGERI WARUNGBOTO YOGYAKARTA %X Proses pembelajaran matematika pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Akibatnya siswa kurang aktif, kurang kreatif dan malas berfikir sehingga menyebabkan nilai-nilai yang diperoleh kurang dari 5. Guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran yang belum pernah dicobakan khususnya di MTs Negeri Piyungan Kabupaten Bantul yaitu problem posing I membuat soal. Adapun langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut: pertama, guru menjelaskan konsep secara klasikal kemudian siswa membuat soal baik dari pernyataan maupun pengembangan dari soal yang diberikan. Kedua, pada siklus pertama siswa membuat soal dan menjawab soal secara individu, siklus kedua siswa membuat soal kemudian dijawab secara silang dengan teman sebangku dan siklus ketiga siswa membuat soal secara berkelompok lalu dijawab secara silang antar kelompok. Setelah tiga siklus dilaksanakan terdapat peningkatan aktivitas belajar sebesar 23,3 % yaitu: dari 10 % menjadi 33,3 % , nilai rata-rata pada siklus I adalah 5,07 ; siklus II naik menjadi 5,13 dan siklus III menjadi 5,73. Disamping itu problem posing dapat melatih siswa untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. %K Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, SD Negeri Warungboto Yogyakarta %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib48020