%0 Thesis %9 Skripsi %A Haris Fuadi, NIM. 98413756 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2004 %F digilib:48060 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi Guru PAI, Minat Dan Prestasi Belajar PAI, Siswa MTsMuhammadiyah I Dukun, Magelang %P 158 %T PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA PADA MTS MUHAMMADIYAH I DUKUN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48060/ %X 1. Secara umum Kompetensi guru PAI MTs Muhammadiyah I Dukun Magelang dalam kategori Sedang, ha! ini berdasarkan atas klasifikasi skor, yang mana diperoleh: Kompetensi Guru PAI yang tennasuk kategori renclah acla orang 6 (7.5%), dan berkategori seclang acla orang 41(51.25%), dan berkategori tinggi ada orang 33 ( 41.235%). 2. Secara umum Minat belajar PAI siswa MTs Muhammadiyah I Dukun Magelang dalam kategori Sedang, ha! m1 berdasarkan atas -/ . pengklasifikasian skor, yang mana diperoleh: Minat belajar P Al s1swa yang tennasuk kategori rendah ada 9 siswa( 11.25% ), dan herkategori sedang ada 40 orang (50%), clan berkategori tinggi ada orang 31(38.75%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Minat balajar P Al siswa MTs Muhammadiyah I Dukun Magelang clalam kategori seclang 3. Secara umum Prestasi belajar PAI siswa MTs Muhammadiyah I Dukun Magelang clalam kategori Sedang Hal ini berclasarkan pengklasifikasian skor yang mana diperoleh: Prestasi belajar PAI siswa yang tennasuk kategori rendah acla 13 siswa (16.25%) clan berkategori sedang acla 40 orang (70%), dan berkategori tinggi ada orang 11(11.75%). 4. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS I 1.5 disimpulkan bahwa "Kompetensi Guru PAI berpengaruh signifikan (tidak dapat diabaikan) 3.455. Untuk derajat bebas sebesar (3-1 )(3-1 )-4 dan trngkat signifikansi 0. = 5% dari tabel X2 didapat nilai X\ihcl 9.49 Jika dibandingkan, emyata X \iiung ( 13.455) > X \1bcl (9.49). Adapun pengaruh kompetensi Guru PAI terhadap prestasi belajar P Al siswa dapat disimpulkan pula bahwa: "Kompetensi Guru PAI berpengaruh signifikan (tidak dapat diabaikan) terhadap prestasi belajar PAI siswa." Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan program SPSS 11.5 yang mana diperoleh nilai ( x 2)hitung = 20.655 Untuk derajat behas sebesar (3-1)(3-1)=4 dan tingkat signifikansi o. = 5% dari tabel X2 didapat nilai X2 tabel = 9.49. Jika dibandingkan, temyata x 2rutung (20. 655) > x 2 tabel (9.49). %Z Pembimbing : Drs. Sabaruddin, M. Si