@phdthesis{digilib48062, title = {PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS WAHID HASYIM GATEN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 98423939 Agus Priyadi}, year = {2005}, note = {Pembimbing : Drs. Ahmad Warid, M.Ag}, keywords = {Peranan Guru , Prestasi Belajar, Bahasa Arab, Siswa MTs Wahid Hasyim Gaten Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48062/}, abstract = {Kompetensi profesional guru bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim secara umum sedang. Hal ini dapat diketahui melalui penguasaan materi pelajaran, ketepatan dalam menggunakan pendekatan, metode dan teknik dalam pembelajaran serta penguasaan teori-teori (konsep) kependidikan seperti Psikologi, Ilmu Pendidikan, Metodologi dan lain-lain. Penguasaan ini dilakukan melalui program akta N, training, diskusi, seminar, work shop dan penelaahan buku-buku kependidikan secara mandiri ( otodidak). Peranan guru bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim secara umum baik meskipun belum maksimal. Hal ini terlihat dari keterlibatan mereka yang lebih luas. Tidak sekedar mengajar di kelas, tetapi juga melakukan tugas-tugas lain seperti mendidik, membimbing, memotivasi, memfasilitasi, melatih, memimpin dan mengevaluasi pembelajaran. Prestasi belajar bahasa Arab yang dicapai siswa MTs Wahid Hasyim secara rata-rata lebih dari cukup dan ada peningkatan prestasi sebesar 0.26 ( dari 7 .09 menjadi 7 .35 ).} }