relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48063/ title: KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN creator: Mahbub Sufyan, NIM. 98474064 subject: Kependidikan Islam description: Konsep transformasi pendidikan Islam yang digagas Fazlur Rahman adalah integrasi atau sintesis antara sistem pendidikan tradisionalisme dan modernisme Islam, yang mana gagasan transformatif tersebut diarahkan pada metodologi pemahaman. Dengan kata lain, gagasan transformasi peP.didikan Islam Fazlur Rahman lebih terfokus pada metodologi neomodernisme pendidikan Islam, yaitu mekanisme pembaharuan-pembaharuan atau perubahan-perubahan sistem pemikiran dan pendidikan Islam yang terfokus pada cara , pemahaman, penafs:ran, dan perumusan masalah-masalah keislaman. Metodologi tersebut yaitu; Pertama, memakai pola pendekaian historis. Kedua, merekonstruksi warisan-warisan intelektual dan pendidikan Islam klasik (pra modernis), dan mengkritisi sistem-sistem edukasi modem yang tampak sekularis. Ketiga, mengintegrasikan sistem dan ilmu pendidikan Islam tradisionalis dengan modernis dan; Keempat, adalah melakukan !itihad dengan berdasar atas alĀ· Qur'an dan as-Sunnah date: 2005 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48063/1/98474064_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48063/2/98474064_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf identifier: Mahbub Sufyan, NIM. 98474064 (2005) KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.