TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Maragustam Siregar, M.A ID - digilib48063 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48063/ A1 - Mahbub Sufyan, NIM. 98474064 Y1 - 2005/// N2 - Konsep transformasi pendidikan Islam yang digagas Fazlur Rahman adalah integrasi atau sintesis antara sistem pendidikan tradisionalisme dan modernisme Islam, yang mana gagasan transformatif tersebut diarahkan pada metodologi pemahaman. Dengan kata lain, gagasan transformasi peP.didikan Islam Fazlur Rahman lebih terfokus pada metodologi neomodernisme pendidikan Islam, yaitu mekanisme pembaharuan-pembaharuan atau perubahan-perubahan sistem pemikiran dan pendidikan Islam yang terfokus pada cara , pemahaman, penafs:ran, dan perumusan masalah-masalah keislaman. Metodologi tersebut yaitu; Pertama, memakai pola pendekaian historis. Kedua, merekonstruksi warisan-warisan intelektual dan pendidikan Islam klasik (pra modernis), dan mengkritisi sistem-sistem edukasi modem yang tampak sekularis. Ketiga, mengintegrasikan sistem dan ilmu pendidikan Islam tradisionalis dengan modernis dan; Keempat, adalah melakukan !itihad dengan berdasar atas al· Qur'an dan as-Sunnah PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Transformasi Pendidikan KW - Fazlur Rahman M1 - skripsi TI - KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN AV - restricted EP - 120 ER -