relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48065/ title: KONSEP KAUM TERPELAJAR MENURUT ALI SYARIATI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM creator: Abdul-Hayyi Akrom, NIM. 99414250 subject: Pendidikan Agama Islam description: Kaum terpelajar menurut Ali Syariati adalah pribadi ideal yang terpanggil atas kesadaran ideologinya yang merasakan tanggung jawab sosial dan mempunyai misi sosial dengan terlibat secara langsung bersama-sama masyarakat untuk menegakkan nilai-nilai Islam dan kemanusiaan. Kaum terpelajar berada di tengah-tengah masyarakat dengan menjadikan Islam dan iman sebagai sumber energi dan aspirasi transformasi sosialnya. Kaum terpelajar merupakan tempat bersatunya ilmu, falsafah hidup dan ideologi Islam sebagai penjelmaan ilmu ilahiah untuk membangkitkan, menyinari, menuntun masyarakat keluar dari berbagai macam krisis, eksploitasi dan dominasi. Konsep Ali Syariati tentang kaum terpelajar secara prinsip dapat dikategorikan dalam enam ciri, yaitu : pertama, memiliki kesadaran ideologi Islam, kedua, progresif, ketiga, berkepribadian, keempat, lokalistik, kelima, selektif dan keenam, pemberani dan bertanggung jawab. Ciri-ciri yang demikian adalah kualifikasi tertentu dan sekaligus tercermin pada pribadi-pribadi Islam sebagai kaum terpelajar dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sosialnya. date: 2004 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48065/1/99414250_Bab%20I_Bab%20V_Pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48065/2/99414250_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf identifier: Abdul-Hayyi Akrom, NIM. 99414250 (2004) KONSEP KAUM TERPELAJAR MENURUT ALI SYARIATI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.