TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si ID - digilib48073 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48073/ A1 - Muh. Taufiq, NIM. 99424318 Y1 - 2004/// N2 - Implikasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) terhadap pemilihan metode pengajaran bahasa Arab; bahwa metode yang dipilih hendaknya bisa memberikan pengalaman belajar yang dapat diupayakan antara lain melalui sistem belajar dengan modul, menggunakan keseluruhan sumber belajar, pengalaman lapangan, strategi belajar individual personal, kemudahan belajar, dan belajar tuntas. Implikasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) terhadap kompetensi guru dalam mengaplikasikan metode yang dipilih dalam pengajaran bahasa Arab, didasarkan pada pertimbangan: a. Standar kompetensi yang akan dicapai oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada kemampuan guru dalam menyusun silabus sebagai bentuk penjabaran dari standar kompetensi dan indikator hasil belajar ke dalam satuan rencana pembelajaran yang lebih terinci. b. Memperhatikan keanekaragaman (perbedaan) peserta didik, sebagai acuan untuk menentukan metode yang sesuai dengan kondisi siswa itu sendiri. c. Memilih sumber belajar yang sesuai untuk mendukung pembelajaran, karena sumber belajar bukan hanya guru dan buku tetapi media, aktivitas dan lingkungan juga merupakan sumber belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kurikulum Berbasis Kompetensi KW - Pemilihan Metode Dan Kompetensi Guru KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI IMPLIKASINYA TERHADAP PEMILIHAN METODE DAN KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB AV - restricted EP - 134 ER -