TY - THES N1 - Pembimbing : Drs.H. Nazri Syakur M.A ID - digilib48074 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48074/ A1 - Eem, NIM. 99424339 Y1 - 2004/// N2 - Alat-alat pendidikan non materi merupakan salah satu sistem dalam pengajaran bahasa Arab, didalam kelas alat-alat pendidikan termasuk tujuan., materi, metode dan evaluasi, yang berupa materi yang telah diterapkan oleh Pondok Pesantren Modem Daar EL-Kutub. Dalam penerapannya selalu dimulai dengan menetapkan materi dalam setiap kegiatan dalam pengajaran. Kemudian dari materi itulah dijewantahkan dalam berbagai pengembangan materi. Sedangkan bentuknnya didalam kelas meliputi : Bercakap, mutala'ah dan ta'bir muwajahah yang terdapat dalam berbagai agenda kegiatan pondok. Sedangkan alat-alat pendidikan diluar kelas termasuk pembiasan, pengawasan, perintah, larangan, ganjaran, dan hukuman., sedangkan bentuk penggunaan alat-alat pendidikan diluar kelas yaitu buku panduan berbahasa, kertas jasus, jadwal pergantian menggunakan bahasa, kartu percakapan (uslub), muhadarah, muhadasah, tata tertib. dan sanksi-sanksi. Yang ditinjau secara psikologis, dari penerapan lata-alat pendidikan tersebut menurut sebagian ahli psikologis ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan penerapan lat-alat pendidikan tersebut kbusunya ganjaran dan huk:uman. Demikianlah dari hasi pembahasan skripsi ini. Dan menurut penulis pengajaran bahasa Arab yang telah dilakukan oleh guru dan segenap pengurus Pondok Modem Daar-El Kutub sudah mendekati idealisme kebaha_saan. Hanya saja dalam prakteknya, approach (pendekatan) tersebut telah mengalarni modifikasi tujuan yang sangat berpengaruh pula terhadap pencapaian tujuan untuk mencapai keseimbangan berbahasa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media pembelajaran KW - pengajaran bahasa Arab KW - santri klas eksperimen KW - pondok modern M1 - skripsi TI - PENERAPAN ALAT-ALAT PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KLAS EKSPERIMEN DI PONDOK MODERN AV - restricted EP - 209 ER -