%0 Book Section %A Sigit Purnama [et. all], - %B PEMIKIRAN DAN PRAKTIK PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI %C Yogyakarta %D 2021 %F digilib:48102 %I Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usi Dini %K Pendidikan Karakter; Pendidikan Anak Usia Dini; Pendidikan Islam Anak Usia Dini %P 1-12 %T Pembentukan Karakter Anak dalam Konsep Merdeka Belajar Pemikiran Ki Hadjar Dewantara %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48102/ %X Pembentukan karakter pada anak merupakan salah satu konsep dalam merdeka belajar sebagai upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan beradab. Ki Hadjar Dewantara merupakan salah satu tokoh pendidikan yang memiliki konsep tentang merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam konsep merdeka belajar tentang pembentukan karakter. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang menggunakan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konsep merdeka belajar untuk pembentukan karakter dengan cara kemerdekaan untuk anak, kemerdekaan guru dalam menentukan sistem pembelajaran, sistem among, pendidikan budi pekerti yang diajarkan dengan metode permainan, cerita, dongeng dan keteladanan dari orang dewasa yang ada di sekitar anak. Pembentukan dapat terbentuk dengan baik apabila ada kerjasama dalam pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan informal (masyarakat)