TY - THES N1 - Pembimbing: Dr.H. Mohammad Pribadi, M.A.M.Si. ID - digilib48192 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48192/ A1 - Arin Faridatul Azma, NIM.: 19201012008 Y1 - 2021/12/17/ N2 - : 19201012008Dalam bahasa Arab huruf terbagi menjadi dua, yaitu: huruf sahih dan huruf ?illat. Masing-masing huruf memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu karakteristik huruf ?illat sulit diucapkan pada saat tertentu, misalnya huruf ya? sukun yang sulit diucapkan ketika jatuh setelah harakat dammah atau huruf ?illat yang jatuh setelah alif tambahan berubah menjadi hamzah. Kesulitan pengucapan ini memunculkan kaidah-kaidah perubahan pada kata tersebut dan hal demikian menimbulkan adanya keringanan dalam pengucapannya. Dalam hal ini, kaidah yang membahas mengenai perubahan tersebut disebut i?l?l. Ibdal adalah membuang suatu huruf dan menempatkan huruf lain ditempatnya. Ibdal itu sama seperti i?l?l. Maksudnya masing-masing dari ibdal maupun i?l?l telah terjadi adanya merubah tempatnya suatu huruf. Hanya saja dalam i?l?l yang menjadi sasaran adalah huruf ?illat, artinya huruf ?illat yang satu mengganti tempatnya huruf ?illat yang lain. Sedangkan dalam ibdal yang menjadi objeknya adalah huruf ?illat maupun huruf shahih. Artinya menempatkan huruf shahih ditempatnya huruf ?illat sebagai gantinya atau menempatkan suatu huruf shahih ditempat huruf shahih yang lain. I?l?l dan Ibdal merupakan pembelajaran yang penting yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa Arab. Maka, apabila tidak menguasai i?l?l dan Ibdal akan menyebabkan kesulitan tersendiri dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul I?l?l dan Ibdal dalam Kitab Ta?lim Al-Muta?allim Karya Syaikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Morfologi), dikarenakan dalam kitab Ta?lim al-Muta?allim peneliti menemukan banyaknya lafadz yang mengalami peng-i?l?l-an dan peng-ibdal-an di dalam kitab tersebut. Selain itu, masih banyak orang yang salah dalam memahami suatu lafadz disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka dalam mengetahui asal dari suatu lafadz tersebut, karena dalam bahasa Arab perbedaan satu huruf saja sangat berpengaruh. Adapun alasan peneliti memilih kitab Ta?lim al-Muta?allim sebagai objeknya karena kitab Ta?lim al-Muta?allim merupakan salah satu kitab yang mengandung pesan moral yang berkaitan dengan ajaran Islam berupa moral atau etika Islam. Syaikh Az-Zarnuji menggunakan media penyampaian pesan-pesan moral dalam Islam, salah satunya menggunakan kitab Ta?lim al-Muta?allim. Kitab ini mengandung banyak sekali hikmah atau pesan moral yang dapat dipetik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam tesis ini, yaitu: 1) Bagaimana bentuk lafadz yang mengandung I?l?l dan Ibdal dalam kitab Ta?lim al-Muta?allim karya Syaikh Az-Zarnuji? 2) Bagaimana proses analisis I?l?l dan Ibdal dalam kitab Ta?lim al-Muta?allim karya Syaikh Az-Zarnuji? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah disiplin ilmu sharaf khususnya pada pembahasan i?l?l dan Ibdal dengan menggunakan metode kuantitatif. Dari penelitian berdasarkan analisis, peneliti menemukan 637 kata yang mengalami peng-i?lal-an dan peng-ibdal-an, dengan rincian; i?lal bi al-hadf 78 kalimat dengan pembagian 32 kata, i?lal bi al-qalb 374 kalimat dengan pembagian qalb wawu alifan 216 kalimat terbagi atas 21 kata, qalb ya? alifan 129 kalimat terbagi atas 30 kata, qalb wawu ya?an 9 kalimat terbagi atas 2 kata, wazan fa?l? wa fu?l? al-mu?talat? al-l?m 20 kalimat terbagi atas 2 kata, i?lal bi at-taskin 145 kalimat terbagi atas 48 kata, i?lal hamzah 13 kalimat terbagi atas 6 kata, dan ibdal 27 kalimat terbagi atas 7 kata. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kitab Ta?lim Al-Muta?allim _Sarfiyah_I?l?l Dan Ibdal M1 - masters TI - AL-ILAL WA AL-IBDAL FI KITAB TA?LIM AL-MUTA?ALLIM LI SYAIKH AZ-ZARNUJI (DIRASAH TAHLILIYYAH SHARFIYAH) AV - restricted EP - 160 ER -