TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Achmad Warid, M.Ag ID - digilib48221 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48221/ A1 - Nanang Khoirudin, NIM. 99424344 Y1 - 2005/// N2 - Konsep pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran secara eksplisit menggambarkan situasi proses pembelajaran yang membebaskan, edukatif, dialogis, kritis dan demokratis, yang akan menuju pada suatu formulasi yaitu sebuab pendidikan humanistik yang bertumpu di atas konsep _!.itrab manusia. Di mana menurut Freire, fitrah manusia sejati adalab sebagai subyek. Konsekuensi Iogisnya adalab babwa manusia mempunyai kebebasan untuk bereksistensi dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada di dalam diri mereka. Pada akhimya pendidikan humanistik di atas dijadikan sebagai pendekatan alternatif dalam proses pembelajaran babasa Arab. Pandangan tentang pendidikan humanistik ini memberi poin-poin fundamental yang mutlak diperhatikan dalam seluruh proses dan perubaban dunia pendidikan yaitu kebebasan, kesadaran, harga diri, rasa tanggung jawab, otonomi, hak dan kebutuhan untuk mengetahui dan memahami, realisasi diri, relasi manusiawi hingga ke persoalan mencapai puncak keutuhan diri manusia Pandangan ini mendefinisikan kembali tujuan hakiki pendidikan sebagai suatu proses holistis membantu manusia untuk bertumbuh dan berkembang mencapai kepenuhan dan keutuhan diri yang disebut the ultimate self Seluruh pendidikan yang dilakukan semestinya bertujuan agar manusia menjadi Iebih manusiawi melalui proses aktualisasi dan ekspresi holistis seluruh potensi khas setiap individu sehingga dia mencapai keutuhan dirinya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Humanistik KW - Proses Pembelajaran KW - Bahasa Arab KW - Pemikiran Paulo Freire M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE AV - restricted EP - 120 ER -