eprintid: 48221 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/82/21 datestamp: 2022-01-10 06:17:54 lastmod: 2022-01-10 06:17:54 status_changed: 2022-01-10 06:17:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nanang Khoirudin, NIM. 99424344 title: PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Humanistik, Proses Pembelajaran, Bahasa Arab, Pemikiran Paulo Freire note: Pembimbing : Drs. Achmad Warid, M.Ag abstract: Konsep pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran secara eksplisit menggambarkan situasi proses pembelajaran yang membebaskan, edukatif, dialogis, kritis dan demokratis, yang akan menuju pada suatu formulasi yaitu sebuab pendidikan humanistik yang bertumpu di atas konsep _!.itrab manusia. Di mana menurut Freire, fitrah manusia sejati adalab sebagai subyek. Konsekuensi Iogisnya adalab babwa manusia mempunyai kebebasan untuk bereksistensi dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada di dalam diri mereka. Pada akhimya pendidikan humanistik di atas dijadikan sebagai pendekatan alternatif dalam proses pembelajaran babasa Arab. Pandangan tentang pendidikan humanistik ini memberi poin-poin fundamental yang mutlak diperhatikan dalam seluruh proses dan perubaban dunia pendidikan yaitu kebebasan, kesadaran, harga diri, rasa tanggung jawab, otonomi, hak dan kebutuhan untuk mengetahui dan memahami, realisasi diri, relasi manusiawi hingga ke persoalan mencapai puncak keutuhan diri manusia Pandangan ini mendefinisikan kembali tujuan hakiki pendidikan sebagai suatu proses holistis membantu manusia untuk bertumbuh dan berkembang mencapai kepenuhan dan keutuhan diri yang disebut the ultimate self Seluruh pendidikan yang dilakukan semestinya bertujuan agar manusia menjadi Iebih manusiawi melalui proses aktualisasi dan ekspresi holistis seluruh potensi khas setiap individu sehingga dia mencapai keutuhan dirinya. date: 2005 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nanang Khoirudin, NIM. 99424344 (2005) PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48221/1/99424434_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48221/2/99424434_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf