eprintid: 48300 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/83/00 datestamp: 2022-01-11 06:51:05 lastmod: 2022-01-11 06:51:05 status_changed: 2022-01-11 06:51:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Marentha Windhi Pratiwi, NIM.: 17102050044 title: PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT ispublished: pub subjects: 362.7 subjects: pmi divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Potensi Diri, Pelatihan Keterampilan, Anak note: Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag abstract: Di era modern ini, kemajuan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seiring dengan perkembangnya globalisasi yang membawa manusia telah mencapai taraf hidup yang relatif tinggi. Pendidikan sangat penting untuk mengantisipasi era globalisasi, khususnya dalam pengembangan potensi diri. Pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan untuk mengembangkan potensi diri anak, karena memberikan kontribusi bagi pembangunan melalui pendidikan keterampilan, kecakapan hidup, pelatihan keterampilan. Taman Qur’ani yang berdiri untuk tujuan mencerdaskan umat Islam dan meningkatkan taraf hidup anak untuk bekal kelak mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan potensi diri melalui pelatihan keterampilan pada anak di Taman Qur’ani. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendeketan studi kasus. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berupa beberapa informan yang berjumlah 7 orang yaitu pengurus, pengajar, dan santri. Hasil dari penelitian ini yakni dalam pelatihan keterampilan yang dilakukan di Taman Qur’ani berupa program pelatihan nonformal seperti mejahit, dan muhadhoroh. Setelah pelaksanaan kegiatan pastinya akan terbentuk sebuah potensi diri yang dimiliki pada anak yaitu potensi diri intelektual, potensi emosional, potensi spiritual, dan potensi sosial. selanjutnya dalam suatu pelaksanaan adanya faktor penghambat dan pendukung sebagai indikator dalam menjalankan pelatihan tersebut, adapun faktor penghambat yaitu hilangnya motivasi diri, dan kurangnya pengajar. Faktor pendukung yakni peran penting kepemimpinan dalam dukungan dan partisipasti, dukungan dari masyarakat yaitu bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan dhuafa, dukungan dan perhatian dari orang-orang dalam pondok maupun luar pondok. date: 2021-12-15 date_type: published pages: 119 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Marentha Windhi Pratiwi, NIM.: 17102050044 (2021) PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48300/1/17102050044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48300/2/17102050044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf