TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. ID - digilib48457 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48457/ A1 - Annisa Nurul Ummah, NIM.: 14410014 Y1 - 2021/12/09/ N2 - MA Unggulan Al-Imdad merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan pondok pesantren salafiyah. Berbagai kebijakan di MA Unggulan Al-Imdad menerapkan kurikulum yang berbasis pondok pesantren seperti kebijakan tata tertib. Namun, masih terdapat banyak kenakalan yang dilakukan oleh para siswa-siswi dalam kategori ringan. Merespon hal tersebut, penerapan sanksi sangat urgen dibutuhkan oleh para guru untuk menangani kenakalan siswa. Pemberian sanksi harus sesuai pada koridor yang bernilai edukatif. Dimana sanksi diberikan dengan tujuan memberikan pendidikan kepada siswa serta bersifat memperbaiki. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengelaborasi penerapan hukuman edukatif dan mendeskripsikan hasil dari penerapan hukuman edukatif sebagai upaya menangani kenakalan yang di lakukan peserta didik di MA Unggulan Al-Imdad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada guru kelas dan guru BK, observasi non partisipan dan dokumentasi di MA Unggulan Al-Imdad. Untuk metode analisis data menggunakan analisis deskriptif meliputi tahap; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 2 bentuk hukuman edukatif, yaitu : a. hukuman preventif adalah hukuman yang sifatnya masih pada fase pencegahan. Realisasi hukuman preventif di MA Unggulan Al-Imdad adalah dengan membentuk tata tertib yang sesuai dengan budaya sekolah dan meningkatkan keteladanan guru, b. hukuman represif, adalah hukuman atau sanksi yang diberikan kepada pelanggar tata tertib di MA Unggulan Al-Imdad. Bentuk hukuman ini meliputi peringatan atau teguran secara langsung, membuat surat peringatan secara tertulis dan hukuman berat seperti siswa dikembalikan kepada orang tua atau dikeluarkan secara tidak hormat. Hasil penerapan hukuman edukatif di MA Unggulan Al-Imdad kepada siswanya adalah pertama, meningkatkan kesadaran (awareness) yaitu mendorong siswa untuk dapat memahami efek jangka panjang pada diri sendiri dan orang lain atas kenakalan yang dilakukan. Kedua, meningkatkan kedisiplinan siswa dan ketiga, meningkatkan rasa kepercayaan orang tua wali dan masyarakat kepada lembaga MA Unggulan Al-Imdad. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hukuman Edukatif KW - Kenakalan Siswa. M1 - skripsi TI - PENERAPAN HUKUMAN EDUKATIF DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA MA UNGGULAN AL IMDAD AV - restricted EP - 125 ER -