@phdthesis{digilib48465, month = {December}, title = {STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH HARAPAN SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14420043 Atho? Fahmi Mubarok}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag}, keywords = {Strategi Pembelajaran, ABK (Disabilitas Intelektual), Kurikulum}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48465/}, abstract = {Strategi pembelajaran merupakan rencana, langkah serta sarana yang dalam praktik akan diperankan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas guna mencapai dan merealisasikan tujuan pembelajaran. Anak disabilitas intelektual adalah anak yang memiliki intelegensi yang signifikan berada di bawah rata-rata anak seusianya, dan disertai ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Sekolah Harapan merupakan sekolah inklusi di daerah Yogyakarta yang terletak di desa Sinduadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab bagi Anak Berkebutuhan Khusus (disabilitas intelektual) di kelas inkubasi Sekolah Harapan Yogyakarta??.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran bahasa arab bagi Anak Berkebutuhan Khusus (disabilitas intelektual) di Sekolah Harapan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab, wali kelas dan guru pendamping khusus ABK disabilitas intelektual di Sekolah Harapan. Hasil penelitian terhadap strategi pembelajaran bahasa arab bagi anak disabilitas intelektual di kelas inkubasi Sekolah Harapan, diperoleh kesimpulan bahwa dari 5 siswa ABK yang ada di kelas inkubasi, guru mengimplementasikan Strategi PAKEM dengan model parsitipatif dengan faktor guru yang sangat berpengaruh di kelas.} }