%0 Thesis %9 Skripsi %A Khusnul Khotimah, NIM.: 14420104 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:48473 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Relevansi, Isi materi, Evaluasi, Buku Ajar, Kurikulum %P 168 %T RELEVANSI TUJUAN, ISI DAN EVALUASI BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH (ANALISIS ISI BERDASARKAN KURIKULUM 2019) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48473/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara buku ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah terbitan Kemenag dengan kurikulum bahasa Arab ditinjau dari segi isi materi dan evaluasi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX terbitan Kemenag. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan dokumentasi yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik sumber data primer maupun sumber data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi materi dalam buku ajar ini sudah sesuai dengan kurikulum bahasa Arab 2019, yakni mununjukan sikap aktif berbahasa Arab dalam aspek istima‟, kalam, qira‟ah, dan kitabah. Juga telah mencakup empat kompetensi, yakni ranah sikap spiritual, ranah sikap sosial, ranah, pengetahuan, dan ranah keterampilan. Sedangkan kualitas instrument tes yang digunakan untuk evaluasi dalam buku ini, dari segi materi sudah baik. Dari segi konstruksi terdapat butir soal bentuk isian atau jawaban singkat yang belum memenuhi beberapa persyaratan dalam penulisan atau penyusunan soal yang baik. Adapun dari segi bahasa secara keseluruhan sudah baik. %Z Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh., M.Ag