TY - THES N1 - Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd ID - digilib48476 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48476/ A1 - Musthofa Ulinnuha, NIM.: 14600046 Y1 - 2021/12/13/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis saintifik dengan metode TPS yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA/MA pada pokok materi kaidah pencacahan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKS untuk ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitas produk. Kriteria ketercapaian kualitas LKS ini adalah valid apabila memperoleh kategori layak atau sangat layak dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKS matematika berbasis saintifik dengan metode TPS tergolong dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 129, dari skor maksimal ideal 160 dan tergolong dalam kategori layak dengan sokor rata-rata 99,5 dari skor maksimal ideal 110. Berdasarkan hal ini, produk LKS matematika berbasis saintifik dengan metode TPS dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Siswa (LKS) KW - Pendekatan Metode Think Pair Share (TPS) KW - Materi Kaidah Pencacahan M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII SMA/MA PADA POKOK BAHASAN KAIDAH PENCACAHAN AV - restricted EP - 220 ER -