eprintid: 48476 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/84/76 datestamp: 2022-01-13 08:14:13 lastmod: 2022-01-13 08:14:13 status_changed: 2022-01-13 08:14:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Musthofa Ulinnuha, NIM.: 14600046 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII SMA/MA PADA POKOK BAHASAN KAIDAH PENCACAHAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Metode Think Pair Share (TPS), Materi Kaidah Pencacahan note: Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis saintifik dengan metode TPS yang berkualitas untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA/MA pada pokok materi kaidah pencacahan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKS untuk ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitas produk. Kriteria ketercapaian kualitas LKS ini adalah valid apabila memperoleh kategori layak atau sangat layak dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKS matematika berbasis saintifik dengan metode TPS tergolong dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 129, dari skor maksimal ideal 160 dan tergolong dalam kategori layak dengan sokor rata-rata 99,5 dari skor maksimal ideal 110. Berdasarkan hal ini, produk LKS matematika berbasis saintifik dengan metode TPS dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. date: 2021-12-13 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Musthofa Ulinnuha, NIM.: 14600046 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XII SMA/MA PADA POKOK BAHASAN KAIDAH PENCACAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48476/1/14600046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48476/2/14600046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf