@phdthesis{digilib48484, month = {December}, title = {PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK \& INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AKUN GRUP FACEBOOK BELAJAR BAHASA ARAB DAN AKUN INSTAGRAM @ARABIYAHTALKS)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15420015 Hamasliko Mahdawati}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.}, keywords = {Pemanfaatan, Media Sosial, Facebook, Instagram, Pembelajaran Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48484/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pemanfaatan media sosial facebook \& instagram dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia sehingga media sosial bukan hanya berfungsi sebagai hiburan (entertainment), tetapi juga sebagai pendidikan (education). Adapun objek dalam penelitian ini adalah Akun Grup Facebook Belajar Bahasa Arab dan Akun Instagram @Arabiyahtalks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles \& Huberman, yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penjelasan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pemanfaatan media sosial facebook \& instagram sebagai media pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh Akun Grup Facebook Belajar Bahasa Arab \& Akun Instagram @Arabiyahtalks termasuk dalam pola pemanfaatan media di luar situasi kelas. Pengelolaan kedua akun tersebut bersifat mandiri yaitu terlepas dari lembaga pendidikan formal dan tidak mengacu pada kurikulum yang ada di sekolah maupun madrasah} }