TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si ID - digilib48487 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48487/ A1 - Dwi Rahmawati, NIM.: 16420023 Y1 - 2021/10/27/ N2 - Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi santri dalam belajar Al-?jr?miyyah yang ditunjukkan oleh beberapa indikator. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Al-?jr?miyyah terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs tipe One-Group Pretest-Postest Design dengan objek penelitian metode Teams Games Tournament (TGT) dan subyek penelitian kelas Al-?jr?miyyah yang berjumlah 64 santri. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Uji hipotesis yang digunakan merupakan uji statistik non-parametrik yaitu dengan Uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan : pertama, implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Al-?jr?miyyah meliputi a) persiapan pembelajaran seperti menyiapkan lembar kerja, persiapan games dan tournament, b) pelaksanaan kegiatan pembelajaran berupa presentasi kelas dan diskusi kelompok, c) evaluasi atau pendalaman materi yakni pelaksanaan games, tournament dan teams recognize. Kedua, implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi belajar Al-?jr?miyyah. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05, hal itu menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pra tindakan dan pasca tindakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar santri mengalami peningkatan pada pasca tinimplemendakan yakni dari 53,98% dengan kategori Cukup Termotivasi menjadi 77,7% dengan kategori Sangat Termotivasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Teams Games Tournament KW - Motivasi Belajar KW - Al-Ajrumiyyah M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN AL-AJRUMIYYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FADHILAH MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021 AV - restricted EP - 202 ER -