TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag, M.Pd ID - digilib48488 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48488/ A1 - Miftah Nurul Fatihah, NIM.: 16430006 Y1 - 2021/06/23/ N2 - Pengenalan konsep bilanagn sangat penting dikuasi oleh anak. Aspek Perkembangan Kognitif berkaitan erat dengan pengenalan konsep bilangan. Pada masa pandemi covid-19, guru dalam melaksanakan proses pembelajaran khususnya pengenalan konsep bilangan harus kreatif. Pengenalan Konsep bilangan merupakan dasar penguasaan konsep matematika selanjtnya. Tujuan penelitian mengkaji implementasi guru mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 10 Imogiri. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu satu kepala sekolah, satu guru kelas, empat orang tua murid dan empat anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakuakan dengan model Miles dan Hibermen yaitu reduksi, data display, dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Petama, tahapan-tahapan pengenalan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif. Kedua, faktor pendudukung dan penghambat dalam mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif. Ketiga, metode yang digunakan dalam mengenalkan konsep bilangan untuk mengembangkan kognitif di TK Pertiwi 10 Imogiri. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konsep Bilangan KW - Pengembangan KW - Anak Usia Dini. M1 - skripsi TI - PENGENALAN KONSEP BILANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 10 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 147 ER -