eprintid: 48491 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/84/91 datestamp: 2022-01-14 02:54:55 lastmod: 2022-01-14 02:54:55 status_changed: 2022-01-14 02:54:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Akhida Istiqomah Widyastuti, NIM.: 16600007 title: MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL ispublished: pub subjects: kar_ subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Karakter note: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi Android dengan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan penguatan pendidikan karakter pada materi aritmetika sosial yang valid. Media pembelajaran ini memuat materi aritmetika sosial yang ditujukan untuk peserta didik SMP atau sederajat kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan prosedur pengembangan Richey dan Klein. Pengembangan ini melalui beberapa tahap yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah instrumen kevalidan produk. Teknik pengumpulan data adalah pengisian instrumen kevalidan produk. Analisis data penelitian adalah analisis validitas. Penelitian pengembangan media pembelajaran aplikasi Android telah melalui tahap perencanaan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini memperoleh hasil validitas sebesar 80,91% dengan kriteria valid. Adapun indikator penilaian dari media ini meliputi tampilan umum, penyajian pembelajaran, pengoperasian aplikasi, keterlaksanaan, penyajian materi, bahasa, dan alur cerita. Indikator tampilan umum mendapatkan persentase 81,25% (Valid), indikator penyajian pembelajaran mendapatkan persentase 87,5% (Sangat Valid), indikator pengoperasian aplikasi mendapatkan persentase 83,33% (Valid), indikator keterlaksanaan mendapatkan persentase 79,17% (Valid), indikator penyajian materi mendapatkan persentase 81,25% (Valid), indikator bahasa mendapatkan persentase 81,25% (Valid), dan indikator alur cerita mendapatkan persentase 81,25% (Valid). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Android telah valid dan dapat untuk diuji cobakan ke lapangan. date: 2021-12-02 date_type: published pages: 189 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Akhida Istiqomah Widyastuti, NIM.: 16600007 (2021) MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48491/1/16600007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48491/2/16600007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf