eprintid: 48527 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/85/27 datestamp: 2022-01-14 08:04:42 lastmod: 2022-01-14 08:04:42 status_changed: 2022-01-14 08:04:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Dina Nurul Arofah, NIM.: 17104020038 title: PENGGUNAAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Learning Start With a Question (LSQ), Bahasa Arab, Kemahiran Membaca note: Pembimbing: Nurul Huda, M.Pd.I abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kompetensi siswa dalam kemahiran membaca bahasa Arab dan kurang maksimalnya penggunaan metode pembelajaran, apalagi di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penggunaan metode pembelajaran LSQ menjadi salah satu opsi yang bisa digunakan untuk mengatasi problematika yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode LSQ dalam meningkatkan kemahiran membaca bahasa Arab siswa khususnya di kelas VII B MTs Raudhatul Muttaqien Sleman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data kuantitatif hasil tes digunakan peneliti untuk menggambarkan peningkatan kemahiran membaca bahasa Arab siswa dengan persentase berupa angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode LSQ di MTs Raudhatul Muttaqien pada pembelajaran bahas Arab dilaksanakan dengan cara tanya-jawab terlebih dahulu sebelum mulai pembelajaran. Penguasaan kemahiran membaca kalimat-kalimat berbahasa Arab berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Arab siswa kelas VII B berkaitan dengan kemahiran siswa dalam membaca Al-Quran, sehingga penguasaan membaca bahasa Arab dibagi menjadi siswa yang sudah Al-quran (cukup baik) dan siswa yang masih iqra‟ (kurang). Hasil peningkatan kemahiran membaca siswa setelah digunakannya metode pembelajaran LSQ menunjukkan persentase keberhasilan 87,5% dalam post test dengan nilai rata-rata 84,06 yang termasuk dalam kualifikasi baik. Peningkatan hasil tes lisan ditunjukkan dalam tes akhir membaca yang menunjukkan persentase 72,65% untuk indikator pencapaian dalam kelancaran pelafalan sesuai dengan makharijul huruf (cukup baik); 63,28% untuk indikator dalam pemahaman bacaan sesuai intonasi (Kurang); 78,12% untuk indikator dalam kelancaran bacaan (cukup baik); 67,18% untuk indikator benar dalam tanda baca dan waqaf; serta 60,15% untuk indikator dalam pemahaman makna (sangat kurang). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran LSQ dapat meningkatkan kemahiran membaca Bahasa Arab siswa kelas VII B MTs Raudhatul Muttaqien Sleman tahun ajaran 2020/2021. date: 2021-11-17 date_type: published pages: 191 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dina Nurul Arofah, NIM.: 17104020038 (2021) PENGGUNAAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48527/1/17104020038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48527/2/17104020038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf