@phdthesis{digilib48530, month = {November}, title = {IMPLEMENTASI METODE MIM-MEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PEMULA DI KELAS VIII MTs AS-SHALATIYAH DANAU SEMBULUH TAHUN AJARAN 2020/2021}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020062 Indah Agustyawati}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si}, keywords = {Metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization), MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh, Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48530/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran Mim-Mem pada pembelajaran bahasa Arab bagi pemula di kelas VIII MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs As-Shalatiyah Danau Sembuluh. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui implementasi metode Mim-Mem beserta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapannya dilapangan. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan Madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Implementasi metode mim-mem bagi pemula dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain a) Appersepsi, b) Guru menyebutkan kosakata yang akan diajarkan, c) Guru meminta siswa untuk menirukan/melafalkan kembali ucapan guru, d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengecek pelafalan mereka dengan memberikan pertanyaan seputar materi dengan kosakata yang telah mereka hafal, e) Guru memberikan waktu bagi siswa-siswa yang lain untuk mengoreksi bacaan siswa sebelumnya, f) Guru memberikan kesimpulan dan meminta siswa untuk menghafalkannya pada pertemuan yang akan datang. Faktor pendukung pembelajaran berupa buku pelajaran dan smartphone yang digunakan untuk mengakses informasi tentang bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran berupa latar pendidikan siswa, lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya perhatian wali murid, serta dorongan dari dalam diri siswa seperti tidak ada motivasi untuk ingin mengetahui bahasa Arab lebih jauh.} }