TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad M.Ag ID - digilib48531 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48531/ A1 - Fuad Meifudin, NIM.: 17104020069 Y1 - 2021/09/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dan luring, bagaimana problematika yang terjadi, dan juga bagaimana solusi yang diterapkan sekolah dalam pembelajaran daring dan luring pada pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab melelui sistem daring di kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja menggunakan whatsapp group sebagai media pembelajaran dan pembelajaran luring dilaksanakan melalui pembagian shift (2) problematika pada pembelajaran daring yaitu berkaitan dengan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman orang tua maupun guru, ketidaksiapan guru maupun orang tua yang ditinjau dari segi waktu, media pembelajaran, Komunikasi, maupun biaya. Problematika yang terjadi pada pembelajaran luring yaitu mengenai pengadaan sarana dan protokol kesehatan, pembagian waktu atau jadwal dan juga penerapan social distancing (3) solusi yang dilaksanakan oleh MTs Al-Islam Kedungreja yaitu melaksanakan pembelajaran dengan satu minggu daring dan satu minggu luring. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Sistem Daring dan Luring KW - Problematika M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021 AV - restricted EP - 102 ER -