eprintid: 48531 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/85/31 datestamp: 2022-01-14 08:20:39 lastmod: 2022-01-14 08:20:39 status_changed: 2022-01-14 08:20:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fuad Meifudin, NIM.: 17104020069 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021 ispublished: pub subjects: c19 subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Daring dan Luring, Problematika note: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dan luring, bagaimana problematika yang terjadi, dan juga bagaimana solusi yang diterapkan sekolah dalam pembelajaran daring dan luring pada pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab melelui sistem daring di kelas VII MTs Al-Islam Kedungreja menggunakan whatsapp group sebagai media pembelajaran dan pembelajaran luring dilaksanakan melalui pembagian shift (2) problematika pada pembelajaran daring yaitu berkaitan dengan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman orang tua maupun guru, ketidaksiapan guru maupun orang tua yang ditinjau dari segi waktu, media pembelajaran, Komunikasi, maupun biaya. Problematika yang terjadi pada pembelajaran luring yaitu mengenai pengadaan sarana dan protokol kesehatan, pembagian waktu atau jadwal dan juga penerapan social distancing (3) solusi yang dilaksanakan oleh MTs Al-Islam Kedungreja yaitu melaksanakan pembelajaran dengan satu minggu daring dan satu minggu luring. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa. date: 2021-09-16 date_type: published pages: 102 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fuad Meifudin, NIM.: 17104020069 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII MTS AL-ISLAM KEDUNGREJA CILACAP TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48531/1/17104020069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48531/2/17104020069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf