@phdthesis{digilib48534, month = {November}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN MELALUI METODE IQRO? PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AR-RUUM TAJI PRAMBANAN KLATEN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030063 Ida Nur Rohmah}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag.}, keywords = {Membaca Al-Qur?an, Metode Iqro?, RA Ar-Ruum Taji Prambanan Klaten}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48534/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an, untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap penggunaan metode Iqro? dalam kemampuan membaca Al-Qur?an, untuk mengetahui penggunaan metode Iqro? dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qut?an pada anak kelompok B di RA Ar-Ruum Taji Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya dilapangan. Lokasi penelitian di RA AR-Ruum Taji Prambanan Klaten. Prosedur Penelitian ini meliputi Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Tes dan Dokumentasi. Untuk mengolah data melalui analisis data observasi guru dan siswa serta analisis kemampuan siswa membaca Al-Qur?an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I dikategorikan (cukup) yaitu dengan nilai 63,26 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik sekali) dengan nilai 89,79. (2) Adapun aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan (cukup) yaitu dengan nilai 65,83 dan pada siklus II meningkat menjadi (baik) dengan nilai 76,96. (3) Hasil ketuntasan belajar siswa dalam membaca Al-Qur?an mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Iqro?, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 54,55 dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 84,16.} }