eprintid: 48571 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/85/71 datestamp: 2022-01-17 07:25:36 lastmod: 2022-01-17 07:26:00 status_changed: 2022-01-17 07:25:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khurotul Aen, NIM.: 17104080067 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD ispublished: pub subjects: is subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pengembangan, Kartu Kode QR, Pembelajaran IPS. note: Pembimbing: Dra Asnafiyah, M.Pd abstract: Permasalahan yang dikaji penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD, (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan model 4D terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancagan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemination). Instrument yang digunakan berupa angket dengan skala Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sedangkan skala Guttman digunakan untuk mengetahui penilaian guru kelas V MI/SD dan respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD berdasarkan dari ahli media mendapat skor presentase 93,65%, ahli materi menunjukan skor presentase 92,7%, ahli bahasa menunjukkan skor presentase 92,7% dan guru kelas V MI/SD menunjukkan skor presentase 100%. Semua hasil dari para ahli dan guru kelas masuk ke dalam kategori sangat layak digunakan. Sedangakan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 100% dengan kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Media Pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD” yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah. date: 2021-11-23 date_type: published pages: 200 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khurotul Aen, NIM.: 17104080067 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48571/1/17104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48571/2/17104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf