@phdthesis{digilib48586, month = {December}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 3 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KAWERON}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104080080 Aryani Prita Gumanti}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd}, keywords = {Media Pembelajaran Kahoot, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Motivasi Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48586/}, abstract = {Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang berkembang pada zaman ini adalah aplikasi Kahoot. Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis permainan yang mampu menghadirkan suasana yang meriah dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas V dalam mengikuti pembelajaran Bahas Indonesia di MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran Kahoot pada pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan variabel terikatnya motivasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Kaweron dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobability Sampling dengan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan Uji Mann Whitney untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar peserta didik. Sementara itu untuk mengetahui kenaikan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan Uji Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot efektif terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan perolehan nilai asymp. sig. kurang dari 0,05.} }