TY - THES N1 - Pembimbing: Burhanuddin Latief, M.Si ID - digilib48594 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48594/ A1 - Nurul Izzah Adi Ningsih, NIM.: 17106000023 Y1 - 2021/09/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas SMP/MTs kelas IX dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Aplikasi android ?BRISLE? memuat Materi, Latihan dan game Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Langkah ? langkah PPE meliputi tahap Planning (perencanaan), production (Produksi) dan Evaluation (Evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas produk dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi android ?BRISLE? yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi aplikasi android ini mendapat presentase kevalidan sebesar 81,24% (Sangat Baik) dan oleh ahli media aplikasi android ini mendapat presentase kevalidan sebesar 84,46% (Sangat Baik) sehingga aplikasi android ?BRISLE? dikatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi android ?BRISLE? layak disebut sebagai aplikasi android untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Aplikasi Android KW - Pendekatan Kontekstual KW - Pemahaman Konsep KW - Bangun Ruang Sisi Lengkung M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX AV - restricted EP - 226 ER -