@phdthesis{digilib48595, month = {December}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17106000044 Haya Okta Fikriya}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Dian Permatasari, M. Pd}, keywords = {Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kontekstual, Representasi Matematis, Kesebangunan Dan Kekongruenan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48595/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik khususnya pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik adalah bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Upaya untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik salah satunya adalah dengan mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD ) berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan PPE yang dikembangkan oleh Richey dan Klein dengan tiga tahapan pengembangan, yaitu planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validitas produk. Kriteria ketercapian kualitas pada LKPD berbasis kontesktual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,81 dan termasuk dalam kriteria tinggi} }