TY - THES N1 - Pembimbing: Dian Permatasari, M. Pd ID - digilib48595 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48595/ A1 - Haya Okta Fikriya, NIM.: 17106000044 Y1 - 2021/12/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik khususnya pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik adalah bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Upaya untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik salah satunya adalah dengan mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD ) berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan PPE yang dikembangkan oleh Richey dan Klein dengan tiga tahapan pengembangan, yaitu planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validitas produk. Kriteria ketercapian kualitas pada LKPD berbasis kontesktual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,81 dan termasuk dalam kriteria tinggi PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Kontekstual KW - Representasi Matematis KW - Kesebangunan Dan Kekongruenan M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK AV - restricted EP - 233 ER -