eprintid: 48622 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/86/22 datestamp: 2022-01-18 03:46:05 lastmod: 2022-01-18 03:46:05 status_changed: 2022-01-18 03:46:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zahra Nubuwwa Wawanginda, NIM.: 17106070053 title: PENGEMBANGAN E-MODUL DALAM BENTUK FLIPBOOK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X SMA/MA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Penelitian Pengembangan, E-modul, Flipbook, Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Reaksi Reduksi dan Oksidasi note: Pembimbing: Laili Nailil Muna, M.Sc abstract: Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada pembelajaran kimia masih sering dilakukan secara konvensional (teacher center). Berdasarkan data hasil analisis ujian nasional 2019 menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi reaksi reduksi dan oksidasi masih rendah dengan persentase peserta didik menjawab benar sebesar 54,06%. Hal ini berarti dalam proses pembelajaran masih terdapat kekurangan. Faktor yang mempengaruhi kurang berhasilnya suatu kegiatan pembelajaran salah satunya adalah gaya belajar peserta didik yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) sebagai upaya untuk memenuhi gaya belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi reaksi reduksi dan oksidasi serta mengetahui kualitas e-modul berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Produk ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga reviewer (guru kimia SMA/MA), serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan penilaian respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh persentase keidealan 96,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas produk oleh ahli media memperoleh persentase keidealan 96,36% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas produk oleh guru kimia memperoleh persentase 90,27% dengan kategori Sangat Baik (SB). Adapun hasil respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan diperoleh persentase keidealan 93,84%. date: 2021-10-25 date_type: published pages: 220 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zahra Nubuwwa Wawanginda, NIM.: 17106070053 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL DALAM BENTUK FLIPBOOK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48622/1/17106070053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48622/2/17106070053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf