%0 Thesis %9 Skripsi %A Salin Kunainah, NIUM.: 17106080031 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:48627 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Interaktif, QR Code, Bahan Ajar Biologi %P 185 %T PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS QR CODE PADA MATERI FUNGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SISWA KELAS X APHP SMKN 1 PENAWARTAMA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48627/ %X Penelitian ini didasarkan atas kurangnya bahan ajar siswa kelas X APHP SMKN 1 Penawartama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul interaktif berbasis QR Code pada materi Fungi dan mengetahui kualitas Modul Interkatif berbasis QR Code materi Fungi pada kelas X APHP SMKN 1 Penawartama. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dibatasi tanpa implementasi, sehingga tahap pengembangan Modul Fungi berbasis QR Code, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan empat aspek, yaitu kelayakan materi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah modul interaktif berbasis QR Code pada materi Fungi sebagai bahan ajar biologi kelas X APHP SMKN 1 Penawartama berhasil dikembangkan. Kualitas modul berdasarkan presentase keidealan dari ahli materi mendapatkan sebesar 80% artinya Baik (B) dan ahli media mendapatkan sebesar 94% artinya Sangat Baik (SB). Presentase keidealan dari peer reviewer mendapatkan sebesar 92,9% artinya Sangat Baik (SB). Presentase keidealan dari guru biologi 98,1% artinya Sangat Baik (SB) dan respon siswa mendapatkansebesar 93,7% artinya Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian yang diperoleh, maka modul ini layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi materi Fungi bahan ajar siswa secara mandiri. %Z Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd