<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang didapati dalam dunia pendidikan di Indonesia, pendidikan belum mampu menjalankan perannya dengan baik. Adanya berbagai macam konsep pendidikan yang diadopsi menjadikan pendidikan dinamis, tetapi belum menunjukkan output yang signifikan. Perubahan kurikulum berdasarkan faktor-faktor perubahan iklim pemerintahan maupun ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tersebut, justru menjadikan pendidikan kurang terarah. Tujuan khusus yang ingin dicapai pun berubah-ubah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Disisi lain, kaitannya dengan Pendidikan Islam, tanpa disadari muncul sikap enggan mengadopsi pemikiran Barat untuk menjawab problematika yang ada, sedangkan menurut tinjauan sejarah, peradaban keilmuan pasca kejayaan Islam runtuh justru banyak diserap oleh Barat. Penelitian ini bermaksud mengkomparasikan konsep Pendidikan menurut tokoh Islam dan tokoh Barat untuk menemukan solusi atas problematika, khususnya pada lingkup Pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini meliputi 3 hal : pertama, mendeskripsikan konsep pendidikan menurut Jean Jackques Rosseau dan Abdullah Nashih Ulwan. Kedua, menganalisis persamaan dan perbedaan konsep pendidikan menurut Jean Jackques Rosseau dan Abdullah Nashih Ulwan. Ketiga yakni menemukan relevansi konsep pendidikan menurut kedua tokoh terhadap Pendidikan Islam.\r\nGuna mencapai tujuan penelitian, dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian Library Research menggunakan dokumen tertulis seperti buku, jurnal, dan artikel sebagai bahan penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode hermeneutik, menggunakan logika linguistik dengan membuat pemahaman dan penjelasan terhadap makna kata maupun bahasa sebagai bahan dasar.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran kedua tokoh memiliki titik temu pada bagian konsep tahap pendidikan, tujuan, pendidik, peserta didik, materi, dan metode. Analisis terhadap titik temu pemikiran keduanya menunjukkan persamaan pada konsep tahap pendidikan, pendidik, peserta didik, metode, dan materi. Namun pada bagian tahap, tujuan, pendidik, metode, dan materi, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan. Secara garis besar, Abdullah Nashih Ulwan dan Jean Jackquess Rosseau memiliki konsep yang baik dalam hal pendidikan. Kepedulian kedua tokoh terhadap pendidikan dicurahkan kedalam konsep pendidikan sesuai tahap perkembangan anak, bahkan sampai seorang anak berusia remaja dan dewasa. Latar belakang kedua tokoh hingga keyakinan yang dianut berbeda, akan tetapi pemikiran keduanya memiliki relevansi terhadap Pendidikan Islam sehingga keduanya dapat dijadikan acuan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia."^^ . "2021-12-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18204011036"^^ . "Cindy Wulandhari"^^ . "NIM.: 18204011036 Cindy Wulandhari"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "18204011036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #48668 \n\nSTUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Islam dan Pemikiran" . .