%0 Thesis %9 Masters %A Eka Dewi Rahmawati, S.Pd, NIM.: 18204020024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:48670 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan Bahan Ajar, Pendekatan Komunikatif, Pendekatan Saintifik. %P 201 %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH STAI NU PACITAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48670/ %X Tujuan bahasa Arab menurut pendekatan komunikatif tersebut secara lebih detail merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi komunikatif pada diri siswa serta mengembangkan pembelajaran keempat keterampilan berbahasa. Bahan Ajar yang Komunikatif dan berbasis Saintifik merupakan bahan ajar yang tujuan utamanya disesuaikan dengan tujuan utama dalam berbahasa, yaitu untuk berkomunikasi tercapai dengan maksimal. Bahan ajar seperti ini menerapkan unsur ilmiah di dalamnya yaitu penggalian informasi bagi peserta didik melalui pengamatan, bertanya, percobaan, mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, menganalisis, menalar, menyimpulkan, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis Komunikatif yang ditujukan untuk mahasiswa Ekonomi Syariah. Pengembangan bahan ajar ini juga bertujuan mengembangkan kompetensi komunikasi berbahasa Arab mahasiswa yang disesuaikan dengan bidang atau program studi Ekonomi Syariah di STAI NU Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Adapun prosedur pengembangan bahan ajar bahasa arab Komunikatif berbasis Saintifik ini adalah; melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk dan ujicoba lapangan besar dan produk akhir. Kualitas atau kelayakan bahan ajar bahasa Arab Komunikatif berbasis Saintifik ini berdasarkan pada penilaian ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain yang menunjukkan bahwa bahan ajar bahasa Arab Komunikatif berbasis Saintifik ini layak untuk digunakan dengan perincian; Pertama, pada aspek isi/materi bahan ajar, validator ahli materi Ekonomi Syariah memberi penilaian dengan rata-rata hasil penilaian adalah 4,83. Hasil tersebut jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan ini mendapat kategori “Sangat baik”. Pada aspek pembelajaran, validator ahli materi Ekonomi Syariah memberi penilaian dengan rata-rata hasil penilaian penilaian adalah 4,44, jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan ini mendapat kategori “Baik”. Kedua pada aspek isi/materi bahan ajar, validator ahli bahasa memberi penilaian dengan rata-rata hasil penilaian adalah 4,47. Hasil tersebut jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan ini mendapat kategori “Baik”. Pada aspek pembelajaran, validator ahli bahasa memberi penilaian dengan rata-rata hasil penilaian penilaian adalah 4,60. Jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan ini memiliki kategori “Sangat baik”. Ketiga, pada aspek tampilan bahan ajar, validator ahli desain memberi penilaian dengan rata-rata hasil penilaian adalah 4,78. Jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka bahan ajar bahasa Arab Komunikatif berbasis Saintifik ini dikategorikan “Sangat baik”. Dan pada aspek penyajian bahan ajar, validator ahli desain memberi nilai dengan rata-rata penilaian adalah 4,85. Jika dianalisis dengan menggunakan data kualitatif skala lima, maka bahan ajar bahasa Arab Komunikatif berbasis Saintifik ini dikategorikan “Sangat baik”. %Z Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag