@mastersthesis{digilib48703,
           month = {September},
           title = {BUKU AL-MIFTAH LIL ?ULUM PERSPEKTIF TEORI ABDULLAH AL-GALI},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 18204020036 Khaerul Anwar},
            year = {2021},
            note = {Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag},
        keywords = {Al-Mift{\=a}h Lil ?Ulum, Abdullah Al-Gali},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48703/},
        abstract = {Buku al-Mift{\=a}h Lil ?Ul{\=u}m merupakan salah satu buku ajar metode cara
cepat untuk mudah membaca kitab kuning. Buku ini merupakan salah satu buku
ajar bahasa Arab/Na{\d h}wu {\d s}araf yang disusun secara ringkas, praktis, menggunakan
bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dikemas dengan unik baik dari segi
tampilan dan kombinasi warna agar tidak membosankan, cocok untuk anak-anak.
Sehingga buku ini menarik untuk dikaji lebih dalam, bagaimana analisis isi buku
al-Mift{\=a}h Lil ?Ul{\=u}m.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif,
sedangkan untuk jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library
research) dengan menggunakan teori menyusun buku ajar bahasa Arab perspektif
Teori Abdullah al-Gali. Menurut teori Abdullah al-Gali, bahwa dalam penyusunan
sebuah buku ajar atau bahan ajar bahasa Arab bagi non-Arab setidaknya ada tiga
asas yang perlu diperhatikan yaitu asas social-budaya, asas bahasa-pendidikan,
dan asas psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan
informasi melalui bantuan referensi dari jurnal, dan buku-buku di perpustakaan.
Objek penelitian ini adalah buku al-Mift{\=a}h Lil ?Ul{\=u}m (Mudah Membaca Kitab)
yang membahas kajian ilmu na{\d h}wu, sekaligus menjadi sample penelitian. Fakta
pendukung dalam penelitian ini diambil dari kitab, buku, dokumen, artikel atau
jurnal yang temanya relevan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa buku al-Mift{\=a}h Lil ?Ul{\=u}m
berdasarkan perspekttf Teori Abdullah al-Gali, yaitu dari segi asas social-budaya,
asas bahasa-pendidikan, dan asas psikologi, sudah bisa dikatakan sesuai dengan
standar penyusunan buku ajar bahasa Arab, dan baik untuk dijadikan sebagai
salah satu sumber rujukan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada
pembelajaran na{\d h}wu {\d s}araf bagi pembelajar non-Arab. Buku ini menggunakan
metode deduktif yaitu metode yang menyajikan pengertian istilah dan penjelasan
mengenai materi kemudian diakhiri dengan contoh. Buku ini juga menggunakan
metode memahami dan menghafal agar santri/siswa mampu menguasai materi
dari jilid 1-4, juga menggunakan metode takror yang diterapkan pada saat sesi
tanya jawab materi dan sesuai pada buku panduan bertanya.}
}