eprintid: 49055 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/04/90/55 datestamp: 2022-01-31 12:52:27 lastmod: 2022-01-31 12:57:07 status_changed: 2022-01-31 12:57:07 type: article metadata_visibility: show creators_name: Amirul Mukmin, - creators_name: Nanang Mizwar Hasyim, - title: Impression Managemen Deddy Corbuzier sebagai Muallaf di Media Sosial ispublished: pub subjects: mnj subjects: ms divisions: jurnal full_text_status: public keywords: Manajemen; Muallaf; Daddy Corbuzier abstract: mpression Management atau manajemen kesan merupakan teknik komunikasi yang dilakukan seseorang untuk menciptakan kesan yang diinginkan pada orang lain terhadap dirinya. Realitas perpindahan agama yang menjadi konsumsi publik akan menimbulkan kesan dalam benak publik terhadap identitas baru yang dimiliki seseorang. Pada 21 Juni 2019 Deddy Corbuzier, seorang pesulap, presenter, sekaligus youtuber memutuskan menjadi mualaf. Berbagai media berlomba-lomba memberikan informasi seputar motif perpindahan tersebut. Salah satunya adalah media sosial youtube. Dengan menggunakan analisis isi kuantitatif, peneliti ingin berusaha menjawab bagaimana kesan muallaf yang terbentuk serta taktik Impression Management yang dipakai Deddy Corbuzier sebagai mualaf saat diwawancarai dalam tayangan konten YouTube sepanjang Juni 2019 hingga April 2021.Hasil penelitian menemukan bahwa Deddy Corbuzier menggunakan semua taktik Impression Management yang dikembangkan Jones dan Pittman. Taktik yang paling dominan adalah Ingratiation yangImpression Management atau manajemen kesan merupakan teknik komunikasi yang dilakukan seseorang untuk menciptakan kesan yang diinginkan pada orang lain terhadap dirinya. Realitas perpindahan agama yang menjadi konsumsi publik akan menimbulkan kesan dalam benak publik terhadap identitas baru yang dimiliki seseorang. Pada 21 Juni 2019 Deddy Corbuzier, seorang pesulap, presenter, sekaligus youtuber memutuskan menjadi mualaf. Berbagai media berlomba-lomba memberikan informasi seputar motif perpindahan tersebut. Salah satunya adalah media sosial youtube. Dengan menggunakan analisis isi kuantitatif, peneliti ingin berusaha menjawab bagaimana kesan muallaf yang terbentuk serta taktik Impression Management yang dipakai Deddy Corbuzier sebagai mualaf saat diwawancarai dalam tayangan konten YouTube sepanjang Juni 2019 hingga April 2021.Hasil penelitian menemukan bahwa Deddy Corbuzier menggunakan semua taktik Impression Management yang dikembangkan Jones dan Pittman. date: 2021 date_type: published publication: Kalijaga Journal of Communication volume: 3 number: 1 publisher: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 63-78 refereed: TRUE issn: ISSN (e): 2685-1334; ISSN (p): 2775-1414 citation: Amirul Mukmin, - and Nanang Mizwar Hasyim, - (2021) Impression Managemen Deddy Corbuzier sebagai Muallaf di Media Sosial. Kalijaga Journal of Communication, 3 (1). pp. 63-78. ISSN ISSN (e): 2685-1334; ISSN (p): 2775-1414 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49055/1/Impression%20Managemen%20Deddy%20Corbuzier%20sebagai%20Muallaf%20di%20Media%20Sosial.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49055/2/surat-surat-pernyataan1643632852.pdf