eprintid: 49071 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/90/71 datestamp: 2022-02-02 06:14:23 lastmod: 2022-02-02 06:14:23 status_changed: 2022-02-02 06:14:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ardi Setiawan, NIM.: 15650054 title: KAJIAN USABILITY APLIKASI KLASSMU BERDASARKAN PERSEPSI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM ispublished: pub subjects: _sistem_informasi divisions: jur_tinf full_text_status: restricted keywords: Usability, Usability Testing, Slovin, Skala Linkert, Website KlassMu note: Pembimbing: Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom abstract: Kegiatan pembelajaran kini bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi daring sebagai media interaksi dan komunikasi. Salah satu sekolah yaitu SMK Muhammadiyah Pakem, dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan media daring. Diantara sejumlah aplikasi yang SMK Muhammadiyah Pakem gunakan yaitu aplikasi KlassMu. KlassMu merupakan aplikasi berbasis website yang dibuat oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dapat digunakan oleh pelajar, guru dan instansi sekolah dibawah naungan Muhammadiyah untuk melakukan pembelajaran daring. Peran pengguna sangat penting dalam membangun sebuah aplikasi sebagai platform untuk melakukan pembelajaran secara daring. Dari informasi yang didapat, penulis akan melakukan kajian usability aplikasi KlassMu menggunakan metode usability testing dari Jacob Nielsen dan skala likert digunakan sebagai kategori skala sikap. Penelitian ini menggunakan 5 program studi kelas X tahun ajaran 2020-2021 SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 213 responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Desain penelitian yang dilakukan penulis berkonsep deskriptif karena sifatnya menjelaskan atau mendeskripsikan fenomena yang diteliti. Analisis dari penelitian ini diperoleh rate usability aplikasi KlassMu secara umum sebesar 75,28% + 2,54% atau berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis usability testing berdasarkan teori Jacob Nielsen, pada aspek Learnability diperoleh nilai sebesar 76.57%, Efficiency diperoleh nilai sebesar 76.33%, Memorability diperoleh nilai sebesar 76.43%, error diperoleh nilai sebesar 70.89%, serta aspek satisfaction diperoleh nilai sebesar 76,17%. date: 2021-11-11 date_type: published pages: 76 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ardi Setiawan, NIM.: 15650054 (2021) KAJIAN USABILITY APLIKASI KLASSMU BERDASARKAN PERSEPSI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49071/1/15650054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49071/2/15650054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf