@article{digilib49160, volume = {17}, number = {2}, month = {March}, author = {- Muhsin and - Mulyanto and - Rejokirono}, title = {IMPLEMENTATION OF PSYCHOWRITING PROGRAM TO IMPROVE WRITING COMPETENCE FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (SLTA) IN SUKAMARA, CENTRAL KALIMANTAN}, publisher = {Fakultas Dakwah dan Komunikasi}, year = {2021}, journal = {Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam}, pages = {278--289}, keywords = {Metode Psikowriting, Kompetensi Menulis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49160/}, abstract = {This study seeks to provide a method for growing interest in writing in children called the psychowriting program as an intervention. This method was given within three hours to students of Sukamara, Central Kalimantan, which amounted to 80 students. The output of this psychowriting program intervention is that students become enthusiastic to read and write and are publishing an antology book of students' work. This research is a field research with a qualitative descriptive analysis approach. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. The results of the study demonstrates the implementation of psychowriting methods: a) technique of creating ideas, b) technique of creating mood, and c) holistic creative learning techniques. Penelitian ini dilakukan untuk menumbuhkan minat menulis pada anak. Metode yang dilakukan disebut dengan program psikowriting yang dijadikan sebagai intervensi. Metode ini diberikan dalam waktu tiga jam kepada siswa Sukamara, Kalimantan Tengah yang berjumlah 80 siswa. Output dari intervensi program psikowriting ini adalah siswa menjadi antusias untuk membaca dan menulis serta mene rbitkan buku antologi karya siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode psikowriting: a) teknik menciptakan ide, b) teknik menciptakan mood, dan c) teknik pembelajaran kreatif holistik.} }