TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Musthofa, S.Ag, M.Si ID - digilib49245 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49245/ A1 - Fina Alfuziyyana, NIM.: 14210011 Y1 - 2022/01/27/ N2 - Uses and gratification adalah sebuah teori yang mengatakan bahwa khalayak memiliki peran penting untuk memilih sumber media yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah total pengguna di Indonesia mencapai 79% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 63 juta jiwa. Salah satu penggunaan instagram sebagai sarana media dakwah. Akun ppalanwarsarang merupakan salah satu media milih Pondok Pesantren Al Anwar Sarang yang menggunakan instagram sebagai media penyebaran dakwah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motif (Gratification Sought) dan kepuasan (Gratification Obtained) setelah mengakses akun instaram ppalanwarsarang. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey dengan kuisioner sebagai data utama dengan pengukuran menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini adalah followers akun ppalanwarsarang yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah dari total 17 item kepuasan, terdapat 4 item yang dapat memenuhi kepuasan karena presentase kurang dari 30%, yaitu 3 item dari kepuasan informasi dan 1 item kepuasan interaksi sosial. Sedangkan item yang tidak dapat memenuhi kepuasan karena persentasenya lebih dari 30% terdapat 13 item dari 17 item, yaitu 3 item dari kepuasan informasi, 2 item dari kepuasan identitas pribadi, 5 item interaksi sosial, dan 3 item dari kepuasan hiburan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - media sosial; instagram; kepuasan mengakses M1 - skripsi TI - MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @PPALANWARSARANG AV - restricted EP - 144 ER -